Punya Teman Introvert? Yuk, Perhatikan Hal Ini!

Selasa, 27 Februari 2018 | 22:05 Artikel
Image
Ilustrasi

Introvert dan ekstrovert tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat umum, apalagi remaja-remaja yang suka dengan sesuatu yang berbau Psikologi. Yup, mereka adalah salah satu dari konsep kepribadian milik Carl Gustav Jung dimana definisi dari introvert sendiri yaitu seseorang yang nyaman sendiri, lebih suka membagikan ide dan pemikirannya ke tulisan dibanding berbicara, orang introvert juga cenderung menjadi pendengar yang baik, karena ia kurang senang bercerita. Ia juga tipikal yang memikirkan perkataanya sebelum berbicara.

Berkebalikan dengan Introvert, tipe kepribadian ekstrovert ada pribadi yang ceria, penuh percaya diri, menyukai interaksi kelompok dibandingkan interaksi satu lawan satu, menyukai aktivitas yang melibatkan dirinya sebagai pusat perhatian, seperti bercerita dan juga mudah menyampaikan ide dan pemikirannya lewat lisan.

Tetapi, Tetap pada dasarnya setiap individu memiliki kapasitas untuk kedua sikap tersebut, tetapi tetap hanya satu yang dominan dan sadar dalam kepribadian masing-masing individu.

Nah ini nih tips buat kalian para "Ekstrovert" kalau punya temen, sahabat, saudara, dan orang-orang di sekeliling kalian yang "Introvert" biar hubungan kalian ngga salah paham dan langgeng terus.

1. Peka dong!2. Jangan berbicara dulu baru berpikir!

3. Pandai-pandai mengidentifikasi

4. Luluhkan hatinya

5. Jangan memaksanya