SMK 2 Batam Terapkan Pendidikan Akhlak

Selasa, 27 Februari 2018 | 22:06 Reportase Siswa
Image
Ilustrasi

Laporan Rio Batubara Wartawan Tribunnews Batam

 

TRIBUNNEWSBATAM, BATAM- SOAL mutu pendidikan, sekolah yang satu ini tak perlu diragukan lagi. Pasalnya sekolah SMK 2 memiliki program jurusan unggulan yang didukung dengan fasilitas lengkap. Hal itu menjadi magnet bagi pelajar Batam yang ingin menuntut ilmu di sekolah kejuruan.

Buktinya setiap tahun ini sekolah ini selalu kewalahan dalam penerimaan siswa yang selalu membludak.

Menurut Bapak Syafnir kepala bidang kesiswaan SMK 2 Batam, menciptakan sumber daya manusia berkompeten merupakan misi yang diusung SMK 2.

"Kami mewujudkannya dengan membuat program sesuai pasar industri. Diharapkan dengan adanya program unggulan tersebut anak didik kami mampu menjawab tantangan globalisasi," ujarnya

Sebagai sekolah kejuruan, SMK 2 memiliki  jurusan program yang terdiri dari jurusan, perhotelan, usaha perjalanan wisata, akutansi dan tata boga. Saat ini SMK 2 memiliki 18 kelas yang diisi 620 siswa. Meningkatkan mutu program jurusan merupakan focus SMK 2.

Buktinya sekolah yang berlokasi di Batam Centre ini sudah mengantongi akredetasi A untuk setiap program jurusannya.

"Selalu meningkatkan mutu pendidikan sekolah kami menjadi fokus utama kami. Untuk itu kami selalu memberikan kuruikulum berstandar nasional. Didukung dengan tenaga pengajar yang professional. Akredetasi A  hanya berlaku untuk jurusan perhotelan, Akutansi dan usaha perjalanan wisata sedangkan jurusan tata boga baru dibuka untuk tahun ajaran 2010/2011," jelasnya.

Tak hanya itu, SMK 2 memiliki fasilitas yang lengkap seperti laboratorium bahasa, computer, perpustakaan dan satu hotel yang untuk kerja praktik siswa perhotelan.

"Dengan adanya fasilitas hotel membuat siswa dapat melakukan kerja praktik secara langsung," terangnya. Lengkapnya fasilitas  SMK 2 membuat siswanya berhasil meraih prestasi. Seperti juara satu lomba kompetensi sekolah (LKS) tingkat provinsi dan baru-baru ini tim akutansi SMK menjuarai perlombaan cerdas cermat Tax Accounting se-kota Batam.

Sementara itu, soal urusan disiplin, sekolah ini juga nggak main-main. 
"Setiap pagi kami menerapkan apel pagi dan apel siang ketika akan pulang sekolah," ungkap Bapak Syafnir.

Setiap pagi, setiap siswa harus berkumpul di lapangan dan diperiksa 
kelengkapannya. "Setiap anak diperiksa kerapian baju, rambut, absen dan kelengkapan lainnya oleh guru piket. Jika tidak sesuai akan diganjar sesuai kesalahan.  Selain itu, secara bergilir siswa akan berpidato menggunakan bahasa Inggris. Sedangkan untuk apel siang hanya memeriksa absen siswa," jelasnya.


Nah, selain itu SMK 2  memiliki Pembimbing Akhlak Mulia ( PAM). Di mana dalam program tersebut 13 anak akan dibimbing langsung oleh satu guru.

"Dengan adanya program ini  guru tersebut dapat langsung memonitor perkembangan siswa. Tak hanya itu, dengan adanya laporan yang dicatat dalam buku khusus akan dimonitor oleh orangtua siswa juga. Sehingga, akan terjalin komunikasi yang baik antara guru dan orangtua," ujarnya.

"Sekitar 50 guru ikut dalam program PAM ini, termasuk kepala sekolah. Dengan adanya PAM, belajar siswa dapat terpantau baik di rumah maupun di sekolah." Tutupnya.

http://batam.tribunnews.com/2011/01/16/smk-2-batam-terapkan-pendidikan-akhlak