Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMK Negeri 2 Batam Berjalan Lancar

Selasa, 27 Februari 2018 | 18:03 Berita dan Kegiatan
Image
Siswa SMK di Batam mengikuti UNBK di hari pertama. (Octo Zainul Ahmad/Batam Pos/JawaPos.com)

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMK memang relatif berjalan lancar dan tidak ada kendala yang berarti.Kendati demikian, bukan berarti tidak ada kendala lainnya yang dihadapi para peserta. Di SMKN 2 Batam, Provinsi Kepri misalnya. Di sekolah ini UNBK diikuti 381 siswa dengan menggunakan tujuh ruang kelas dengan dibagi tiga sesi.

Kepala SMKN 2 Batam, Nursya'bani mengatakan, pihaknya menyediakan genset sebagai energi cadangan mengantisipasi listrik padam tiba-tiba.  "Kalau jaringan internet, tidak ada masalah. Kita sudah sediakan teknisi setiap kelasnya untuk antisipasi jaringan internet dan kesulitan ketika mendaftar," terang Nursya'bani seperti dilansir Batam Pos (Jawa Pos Group), Selasa (4/4).

Sementara itu, Dwi Ananda Putri, salah satu siswa mengaku tidak terlalu pusing mengenai soal ujian. "Karena saya sudah belajar dan sekolah juga sudah melakukan pelatihan soal juga buat kami," ungkap Dwi.

Siswi jurusan Akomodasi Perhotelan ini menceritakan masalah sempat terjadi ketika ujian Bahasa Indonesia dimulai. Ada beberapa siswa yang mengalami kendala teknis ketika hendak mendaftar. "Setelah coba login, jadi tadi teman-teman pada keluar dari loginnya tiba-tiba," cerita dia.

Namun, beruntung masalah tersebut tidak berjalan lama. Karena teknisi langsung mencoba memperbaiki jaringan internetnya. "Ya syukurlah, begitu diperbaiki kami langsung bisa login dan mengerjakan soal lagi," ungkapnya.

Menurut Dwi, yang cukup lama adalah ketika menunggu token dari server pusat. "Ya cukup lama juga nunggunya hampir setengah jam kurang deh. Tapi, senangnya bisa punya waktu untuk berdoa dan mengingat pelajaran," ujarnya.

Sementara itu di SMKN 1 Batam, para siswanya bukan mengeluhkan pelaksanaan ujian di hari pertama. Melainkan mengkhawatirkan ujian di hari ketiga.

Seperti halnya Firdaus. Dia dan teman-temannya belum bisa tenang. Sebab UNBK untuk mata pelajaran Bahasa Inggris yang akan diujikan pada hari ketiga, Rabu (5/4) besok, mereka harus menggunakan alat bantu pendegaran (earphone) untuk soal percakapan.

"Waktu try out memang agak kewalahan, sebab spelling (pengucapan) soalnya kurang jelas. Semoga saat ujian nanti tak seperti itu," tandasnya. (cr17/cr18/iil/JPG)

https://www.jawapos.com/read/2017/04/04/120850/siswa-smk-setelah-login-eh-teman-teman-keluar