Sejarah

Sejarah dan Latar Belakang

Perkembangan industri  yang tidak sejalan dengan penyediaan tenaga kerja yang memadai khususnya untuk bidang bisnis manajemen dan pariwisata mengakibatkan kebutuhan tenaga kerja untuk bidang tersebut terbuka lebar. Menyadari hal tersebut, tahun 2006 Pemerintah daerah kota batam mengambil  langkah antisipatif membangun smk negeri 2 batam dengan program Keahlian Akuntansi, Usaaha Perjalanan Wisata, Akomodasi Perhotelan dan tata Boga yang berlokasi di jalan pemuda no. 5 batam centre Kodya Batam Propinsi Kepulauan Riau.

SMK Negeri 2 Batam dengan Motto “ Bersih Enak Rajin Maju Ulet Terampil Unggul  ( BERMUTU ) “ dikelola sebagai sekolah yang melaksanakan dual system secara konprehensiv  dengan melakukan pengembangan melalui kerja sama dengan industry – industry yang relevan seperti perbankan, Asosiasi perjalanan Indonesia, apindo, kadin, dan peningkatan kemampuan para guru/staff sehingga dapat berperan  secara baik dengan total quality management dalam rangka menjadikan smk negeri 2 batam menjadi lembaga pendidikan yang mempunyai kualitas sejajar dengan  sekolah sejenis di singapura/malayasia khususnya Negara-negara asean lainnya.

Program study yang diberlakukan sesuai dengan atau berdasarkan Peraturan pemerintah /PP 29 tahun 1990 program keahlian di smk harus disesuaikan dengan perkembangan lapangan kerja , smk negeri 2 batam, telah mengkaji program keahlian yang sesuai dengan kondisi kota batam yang dikembangkan sebagai kota wisata, jasa perdagangan , industry dan meeting baik tingkat local maupun nasional dan internasional. Untuk saat ada 3 program studi dengan 4 program keahlian yang telah berjalan di smk negeri 2 batam, yaitu:
 

  • Bidang studi keahlian seni, kerajinan dan pariwisata dengan program studi keahlian pariwisata kompetensi keahlian usaha perjalanan wisata dan kompetensi keahlian akomodasi Perhotelan
  • Bidang studi keahlian bisnis dan manajemen program studi keahlian keuangan kompetensi  keahlian Akuntansi
  • Bidang studi keahlian seni, kerajinan dan pariwisata dengan program studi keahlian tata boga kompetensi keahlian jasa boga
  • Untuk menunjang kelancaran proses pendidikan dan pelatihan smk negeri 2 batam memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai seperti labor computer, Hotel training centre, mini bank, koperasi, masjid, bisnis centre dan training jasa boga yang sesuai dengan perkembangan teknologi,


SMK Negeri 2 Batam juga menjadi sekolah regional centre untuk wilayah kepulauan riau dan sekitarnya yang mempunyai peran sebagai tempat pelaksanaan pelatihan guru-guru kejuruan khususnya bidang bisnis manajemen  dan pariwisata di wilayah Kepulauan riau dan sekitarnya  serta mempunyai tanggung jawab  terhadap pembinaan  bagi sekolah-sekolah swasta dengan rumpun bisnis manajemen dan Pariwisata yang ada di lingkungan kota batam seperti :

  • SMK Al-Azhar ( Program Keahlian Akuntansi )
  • SMK-BBS ( Program Keahlian Akuntansi )
  • SMK Harmoni ( Program Keahlian Akuntansi  dan Akomodasi Perhotelan)
  • SMK Kolese ( Program Keahlian Akuntansi )
  • SMK IBNU SINA ( Program Keahlian Akuntansi )
  • SMK Nasioanal Batam ( Program Keahlian Akuntansi )
  • SMK Permata harapan ( Program Keahlian Akuntansi )
  • SMK Widya ( Program Keahlian Akuntansi )

Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 2 Batam Merencanakan, menetapkan dan menyediakan sumber daya yag diperlukan untuk menerapkan dan memelihara sistem manajemen mutu untuk menjamin terpenuhinya persyaratan pelanggan dan pihak-pihak terkait lainnya.

  • Sumber Daya Manusia

Personil-personil yang melakukan pekerjaan yang dapat mempengaruhi mutu harus memiliki kompetensi yang berdasarkan pendidikan,pelatihan dan pengalaman yang memadai. Pelatihan selalu direncanakan, diidentifikasi dan dilaksanakan atas pertimbagan relevansi serta kontribusinya terhadap pencapaian sasaran-sasaran mutu. Hasil-hasil pelatihan dievaluasi untuk memastikan efektifitas pelaksanaanya. Seluruh rekaman yang berkaitan dengan kompetensi personil disimpan dan dipelihara dengan baik.

  • Infrastruktur dan Lingkungan kerja

Untuk mencapai kesesuaian terhadap persyaratan produk, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Batam menetapkan, menyediakan dan memelihara infrastruktur yang dibutuhkan seperti:
•    Bangunan dan ruangan belajar, workshop, ruang perpustakaan
•    Peralatan pratikum, labor
•    Sarana pendukung, seperti transportasi dan komunikasi
•    Hotel Trainning
 

Nilai-Nilai

Nilai – nilai yang dianut SMK Negeri 2 BATAM adalah sebagai berikut :

•    Pembaharuan : 
Selalu berinovasi, mengadakan perubahan dan pembaharuan berdasarkan perkembangan organisasi.

•    Kebersamaan : 
Menjalin kerjasama yang berlandaskan azas kekeluargaan. Menentukan tujuan bersama, memecahkan masalah bersama, menuju masyarakat yang berbudaya dengan berlandaskan Pancasila.

•    Saling Menghargai :
Membina hubungan baik dan saling menghargai antar sesame serta saling menghargai tugas dan fungsi masing-masing.

•    Pelayanan Prima : 
Selalu memberikan pelayanan kepada semua stakeholder dengan sebaik-baiknya

SMK Negeri 2 Batam adalah sekolah kejuruan di Batam yang beralamat di Jalan pemuda no. 5 Legenda Malaka, Batam Centre. Sekolah ini didirikan pada tahun 2006 dengan program keahlian Akuntansi.
Dalam perkembangannya, SMK Negeri 2 Batam sudah memiliki 3 program studi dengan 4 program keahlian yakni:
Bidang studi keahlian seni, kerajinan dan pariwisata dengan program studi keahlian pariwisata kompetensi keahlian usaha perjalanan wisata dan kompetensi keahlian akomodasi Perhotelan
Bidang studi keahlian bisnis dan manajemen program studi keahlian keuangan kompetensi keahlian Akuntansi
Bidang studi keahlian seni, kerajinan dan pariwisata dengan program studi keahlian tata boga kompetensi keahlian jasa boga.

 

Berdiri pada tahun 2006, selama lebih kurang 6 bulan menumpang gedung di SMP Negeri 12 Batam dengan 2 Kompetensi Keahlian yaitu Akuntansi 2 kelas dan Usaha Perjalanan Wisata 1 kelas. Pada tahun 2007 dibuka jurusan baru yaitu Akomodasi Perhotelan 1 kelas regular dan pada tahun pelajaran 2010/2011 Akomodasi Perhotelan membuka 1 kelas regular dan 1kelas Industri bekerja sama dengan Batam View Resort berlangsung selama 3 tahun saja, kemudian di tahun pelajaran 2016/2017 Akomodasi Perhotelan kembali membuka Kelas Industri bekerja sama dengan NagoyaHill Hotel dan berlangsung hingga sekarang.

 Tahun 2010 SMK Negeri 2 Batam kembali membuka jurusan baru yaitu Jasa Boga 1 kelas. Mulai tahun 2006 sampai 30 Januari tahun 2012 dipimpin oleh Bapak Syahrial, S.Pd (Almarhum). Dilanjutkan Plt. Ibu Nursya’bani, S.Pd selama 3 bulan. Selanjutnya SMK Negeri 2 Batam dipimpin oleh Bapak Drs. Nofrizal, M.SI sampai Oktober 2016. Kemudian sejak Oktober 2016, SMK Negeri 2 Batam berlanjut di bawah kepemimpinan Ibu Nursya’bani, M.Pd sampai dengan sekarang. Pada tahun Pelajaran 2017/2018 dibuka jurusan baru yaitu Tata Busana 1 kelas.

Sejak berdiri sampai tahun ajaran baru 2016/2017, waktu pembelajaran dibagi menjadi  shif pagi, mulai tahun 2009/2010 waktu pembelajaran 2 shif pagi dan sore.
Sejak tahun 2013, SMK Negeri 2 Batam menggunakan KTSP Kulikulum 2013.
Mulai tahun pelajaran 2016/2017, SMK Negeri 2 Batam memiliki 39 Rombel dengan sistem Fullday School  dimana Sabtu-Minggu Libur.

 

NPSN : 11002210

Status : Negeri

Bentuk Pendidikan : SMK

Status Kepemilikan : Pemerintah Daerah

SK Pendirian Sekolah : KPTS.178/HK/2008

Tanggal SK Pendirian : 2015-09-18

SK Izin Operasional : -

Tanggal SK Izin Operasional : 2015-09-18

 

Alamat : Jl. PEMUDA NO.5 BATAM CENTRE

RT / RW : 3 / 2

Dusun : -

Desa / Kelurahan : Taman Baloi

Kecamatan : Kec. Batam Kota

Kabupaten : Kota Batam

Provinsi : Prov. Kepulauan Riau

Kode Pos : 29462

Lintang : 1.1208000

Bujur : 104.0935000

 

Telepon : 0778-460971

Fax : 0778-460971

Email : smkn2batam@gmail.com

Website : http://www.smkn2batam.sch.id

 

 

SMK Negeri 2 Batam Pusat Pendidikan Bisnis dan Parawisata Berstandar Nasional/Internasional
Alamat

Jalan pemuda No. 5, Baloi Permai,
Batam Kota, Kota Batam,
Kepulauan Riau 29444

No. Telepon

123-456-789

Social media