Home - TATA BUSANA


TATA BUSANA

| dilihat 2470 kali.



APA ITU TATA BUSANA

 

Tata Busana (TBS) di SMKN 2 Batam merupakan salah satu program keahlian dalam kelompok pariwisata yang bertujuan untuk menerapkan desain serta estetika pada busana, membuat busana custom made serta menguasai teknik menjahit manual maupun industri.

Program  Keahlian Tata Busana sering juga disebut dengan nama Fashion Design di beberapa perguruan tinggi. Pada program keahlian  ini siswa-siswi akan mempelajari teknik mendesain, belajar membuat pola, teknik menjahit, dan seluk beluk produksi busana atau fashion. Tidak hanya soal memproduksi busana atau pakaian, disini siswa-siswi  juga diajari tentang analisa trend mode, bagaimana membuat hiasan busana, memperbaiki busana, keterampilan mengolah bahan dan aplikasi busana supaya lebih terlihat cantik, serasi, indah dan menarik. Biasanya, di akhir pendidikan siswa-siswi Tata Busana (Fashion Design) akan mengadakan fashion show/pagelaran sebagai tugas final mereka.

Selesai lulus jika kamu tidak bisa meneruskan sekolah ke Perguruan tinggi kamu tidak perlu takut menganggur, karena jurusan ini punya segudang keterampilan yang akan mendidik kamu menjadi wirausaha muda di bidang fashion

LULUSANNYA KEMANA SAJA  ?

Fashion Designer

Lulusan SMK jurusan Tata Busana paling banyak menjadi seorang fashion designer. Pekerjaannya adalah merancang busana. Kamu bisa bekerja dengan orang lain atau bekerja secara mandiri dengan membuat brand sendiri.

Fashion Merchandising

Tugas seorang fashion merchandising sebenarnya hampir sama dengan tugas seorang marketing, yaitu melakukan perencanaan promosi yang terorganisir pada sebuah industri/Pabrik

Merchandise Design

Atau disebut juga visual merchandiser. Tugasnya adalah menampilkan produk dengan visual yang menarik agar sesuai dengan tema dan mampu menarik pembeli biasanya bekerja pada industri/Pabrik.

Jurnalis Fashion

Peluang atau prospek kerja tata busana yang berikutnya adalah jurnalis fashion. Kamu bisa bekerja di sebuah industri media dan menulis rubrik khusus fashion.

Fashion Consultant

Kamu juga bisa menjadi seorang fashion consultant. Pekerjaan ini berkaitan dengan memberikan pertimbangan fashion yang sebaiknya dipilih untuk konsumen butik.

Fashion Stylist

Fashion stylist biasanya dibutuhkan oleh para selebriti dan fotografer untuk menentukan pakaian yang tepat untuk dikenakan.

Desainer Pabrik Garmen

Kamu bisa menjadi seorang fashion designer, yang tugasnya merancang busana untuk sebuah pabrik garment

Penjahit/ Pengusaha

Peluang atau rospek kerja tata busana yang berikutnya adalah menjadi seorang wirausaha. Kamu bisa membeli mesin jahit kemudian menerima pesanan jahitan.

KOMPETENSI DAN MATERI YANG DIAJARKAN

  1. Simulasi dan Komunikasi Digital

Pada mata pelajaran ini siswa TBS diajarkan untuk menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya) serta memroduksi video dan/atau animasi dan/atau musik digital.

  1. Kepariwisatan

Pada mata pelajaran ini siswa TBS diajarkan untuk membuat perencanaan modal dasar pengembangan pariwisata, mengelompokkan jenjang karir dalam organisasi kepariwisataan serta mengklasifikasikan organisasi kepariwisataan (nasional, regional dan internasional)

  1. Pengetahuan Bahan Tekstil

Pada mata pelajaran ini siswa TBS diajarkan untuk mengenal macam-macam serat kain dan pemeliharaannya, sehingga siswa di tuntut untuk dapat mengidentifikasi pembuatan serat kain, penggunaan serat dan jenis kain sebagai fashion.

 

  1. Dasar Desain

Mata pelajaran ini mengajarkan siswa TBS untuk membuat gambar proporsi tubuh, membuat gambar bagian-bagian tubuh secara anatomi, membuat gambar bagian dan bentuk busana, membuat desain sketsa sesuai dengan konsep colase, serta memilih bahan sesuai dengan desain

  1. Pembuatan Pola

Mata pelajaran ini mengajarkan siswa TBS untuk membuat pola dasar rok, blus, tunik, kemeja, celana santai, celana, gamis sesuai dengan desain

  1. Teknologi Menjahit

Mata pelajaran ini mengajarkan siswa TBS untuk melakukan teknik menjahit, mengoperasikan mesin jahit manual dan industri, mengoperasikan mesin jahit penyelesaian serta melakukan pemeliharaan mesin jahit manual dan industry

  1. Pembuatan Hiasan Busana

Mata pelajaran ini mengajarkan siswa TBS untuk membuat tusuk dasar hiasan, membuat sulaman border, dan membuat berrbagai macam bentuk sulaman lainnya dalam suatu produk

  1. Pembuatan Busana Custom Made

Mata pelajaran ini mengajarkan siswa TBS untuk membuat rancangan bahan bolero/rompi), membuat Jas (Jacket) sesuai rancangan bahan (lab sheet) dan jenis busana lainnya

  1. Pembuatan Busana Industri

Pada mata pelajaran ini siswa TBS diajarkan untuk membuat pola busana secara manual dan digital dengan sistem grading, membuat busana sesuai kebutuhan serta menentukan Break Even Point penjualan busana

  1. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan bertujuan untuk membekali siswa ilmu mengenai pembentukan usaha mulai dari mendesign usaha, menghitung harga pokok produksi, system produksi, melakukan promosi online, dan menghasilkan laporan keuangan usaha.

 

“ SAMPAI KETEMU DI JURUSAN TATA BUSANA , CAIYO…..“